JIKA MEMBRAN TIMPANI BERLUBANG

dr.Susana, SpTHT-KL, Prof. dr. Helmi, SpTHT-KL(K)

Membran timpani

Membran timpani adalah selaput atau membran tipis yang memisahkan telinga luar dan telinga tengah. Membran timpani bentuknya mirip dengan gendang sehingga biasa disebut gendang telinga.

picture1

Gambar 1. Bagian-bagian telinga


Fungsi membran ini sangat penting dalam proses mendengar. Selaput ini akan meneruskan impuls suara dari telinga luar ke tulang-tulang pendengaran yang ada ditelinga tengah, memperkuatnya sebelum selanjutnya diteruskan ke syaraf pendengaran kita.

Kerusakan membran timpani yang sering terjadi adalah membran timpani berlubang. Dalam bahasa medisnya disebut perforasi membran timpani. Dapat terjadi baik pada anak-anak maupun dewasa.


Berlubangnya membran timpani dapat disebabkan oleh :

• Infeksi telinga tengah (otitis media) yang biasanya didahului dengan infeksi saluran nafas akut seperti sakit tenggorokan karena infeksi adenoid, pilek dan batuk. Saat terinfeksi cairan di telinga tengah meningkat. Tekanannya mendesak gendang telinga sehingga berlubang

picture1

Gambar 2. membran timpani normal


• Trauma baik secara langsung maupun tidak langsung misalnya tertusuk alat pembersih kuping, suara ledakan yang didekat dengan telinga kita seperti bom, suara petasan yang sangat keras di dekat sekali dengan telinga, benturan di kepala akibat kecelakaan atau dipukul didaerah telinga

• Naik pesawat dalam keadaan pilek berat sehingga terjadi perbedaan tekanan antar telinga luar dan telinga tengah

• Menyelam melewati batas aman


Masalah yang timbul jika membran timpani berlubang

Bila terjadi kerusakan pada membran dapat dipastikan bahwa fungsi pendengaran seseorang akan terganggu atau menjadi tuli. Tuli yang diderita bisa ringan sampai dengan berat tergantung dari kerusakan membrannya dan dampaknya ke telinga dalam. Membran timpani yang berlubang atau perforasi bisa hanya berupa lubang kecil tetapi bisa juga lubang yang besar. Semakin besar lubang yang terjadi, makin terganggu pendengarannya, apalagi jika tulang-tulang pendengarannya juga mengalami kerusakan.

Membran timpani juga bertindak sebagai penghalang bagi benda benda asing seperti kotoran telinga, kuman dan kulit mati dari liang telinga, agar tidak mudah memasuki telinga tengah. Jika membran timpani berlubang, semua itu akan lebih mudah memasuki telinga tengah dan menyebabkan infeksi.Telinga yang terinfeksi biasanya disertai dengan keluhan telinga berair yang biasa disebut dengan “congekan”. Dalam bahasa kedokteran disebut otitis media supuratif kronis / OMSK (infeksi kronis di telinga tengah).


Tanda dan gejala membran timpani berlubang

1. Keluhan penderita dengan membran timpani yang bocor adalah kurang pendengaran, kadang-kadang disertai tinitus yaitu telinga terasa mendengung atau berbunyi

2. Jika disebabkan infeksi akut umumnya terdapat demam, nyeri telinga (otalgia), gelisah dan tiba-tiba keluar cairan bening kadang-kadang bisa seperti nanah dengan atau tanpa darah. Pada umumnya didahului riwayat infeksi saluran nafas akut seperti pilek dan batuk atau nyeri menelan

3. Pada kasus akibat trauma, gejala berlubangnya gendang telinga antara lain nyeri telinga yang hebat disertai keluar darah dari telinga langsung setelah terjadinya trauma

4. Jika berlubangnya sudah lama, biasanya keluhan nyeri sudah tidak lagi dirasakan, sering disertai keluar cairan yang sifatnya hilang timbul dan kadang-kadang disertai bau yang tidak sedap.

Pemeriksaan

Dokter akan memeriksa membran timpani dengan cara melihat membran dari liang telinga, dari pemeriksaan sederhana memakai lampu kepala atau dengan tehnologi yang lebih maju seperti endoskopi telinga dan pemeriksaan dengan mikroskop telinga sehingga dapat dilihat dengan jelas besar perforasi serta posisi berlubangnya. Untuk mengetahui derajat ketuliannya akan diperiksa dengan memakai audiometri. Pemeriksaan Rontgen telinga dapat menambah informasi tentang luasnya penyakit di dalam teinga. Pemeriksaan cairan yang keluar dari liang telinga kadang-kadang dilakukan untuk mengetahui jenis kuman penyebab dan resistensinya terhadap antibiotik.

picture1

Gambar 3. Membran timpani robek

picture1

Gambar 4. Membran timpani robek disertai lendir

Pengobatan

Membran timpani yang berlubangmasih mungkin menutup spontan dalam waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan. Dokter akan meresepkan antibiotik hanya jika dijumpai adanya tanda-tanda infeksi. Antibiotik bisa dalam bentuk tetes telinga atau obat makan. Jika penyebabnya adalah infeksi saluran nafas akut seperti batuk dan pilek, kondisi ini juga harus diobati.

Pada trauma, biasanya akan terjadi penutupan perforasi selama kurang lebih 2 minggu paska berlubang, tapi jika dalam beberapa bulan perforasi tidak juga menutup spontan, diperlukan penutupan gendang telinga ini melalui prosedur pembedahan/operasi. Tindakan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi pendengaran dan mencegah bahaya infeksi berulang pada telinga.

Tindakan operasi telinga untuk memperbaiki membran timpani yang berlubang disebut timpanoplasti dengan atau tanpa mastoidektomi. Timpanoplasti bersama dengan mastoidektomi sering disebut sebagai timpanomastoidektomi


Timpanoplasti

Timpanoplasti adalah tindakan untuk memperbaiki gendang telinga (membran timpani) dengan atau tidak disertai memperbaiki struktur lain di dalam telinga tengah serta tulang pendengaran. Timpanoplasti dapat merupakan tindakan yang kompleks yang memerlukan waktu lebih lama prosedur operasinya. Rekonstruksi membrane timpani yang hanya memperbaiki gendang telinga disebut dengan miringoplasti, tindakannya melalui liang telinga dan bisa dilakukan dengan anastesi lokal. Prosedur operasinya biasanya tidak lama sekitar setengah jam sampai satu jam.

Mastoidektomi

Mastoidektomi adalah tindakan operasi dengan cara membuka tulang mastoid yaitu tulang di belakang telinga untuk membuang jaringan yang terinfeksi serta pembusukan tulang. Tindakan ini dilakukan jika pada telinga berair jika pengobatan secara non operasi tidak berhasil.

Seluruh tindakan diatas harus dilakukan dengan memakai mikroskop operasi mengingat operasi ini dilakukan pada daerah yang sempit yang berhampiran dengan organ vital seperti syaraf fasialis (syaraf yang mempersyarafi wajah), rumah siput dan sebagainya. Bahan yang digunakan untuk rekonstruksi juga halus dan kecil. Oleh sebab itu operasi-operasi diatas sering disebut dengan operasi bedah mikro telinga

picture1

Gambar 5. Operasi bedah mikro telinga


Prosedur operasinya relatif cepat dan perawatannya singkat. Biasanya pasien cukup dirawat satu hari dan bisa pulang keesokan hari. Perawatan selanjutnya adalah dengan rawat jalan.

erni herlina
15 Mar 2016

saya telah menjalani operasi timpanoplasti 2 kali tp msh sering keluar cairan..apa yang harus saya lakukan..bahaya atau tidak apabila hal tsb masih terjadi.

istamaji
16 Mar 2016

Selamat Siang, Perkenalkan nama saya istamaji dari lampung. Tanggal 24 Februari yang lalu saya melakukan operasi pencangkokan gendang telinga di RSUS Bandar Lampung karena hasil pemeriksaan oleh dokter THT gendang telinga saya yang sebelah kiri bolong (sekitar 2 mm). Kenapa saat ini telinga saya yang sebelah kiri masih ada suara dengung dan masih keluar angin dari telinga. Kalau hidung ditutup dan meniup maka angin keluar dari telinga kiri. Bahaya apa tidak hal tersebut ? Mohon pencerahannya dan terima kasih.

sutisman
20 Apr 2016

kata tim dokter yang menangani saya keberhasilan operasi ini di tempat lain 5 banding 3, sangat tergantung jam terbang dokter dan rumah sakit nya. saya bersyukur sekali operasi di ssmedika langsung ces pleng ... tidak ada keluhan lagi

Indri Rudi
17 May 2016

Anak saya waktu usia 4th pernah dioperasi thympanoplasti (mudah2an tdk salah tulis :D) dgn Prof. Helmi. Alhamdulillah tdk ada masalah sampai skrg usia 12thn dan dia bisa bebas berenang.

Fajrih
11 Jun 2016

Seminggu yang lalu saya datang ke dokter THT, dokter telah melakukan pemeriksaan telinga, namun hasilnya bahwa dokter THT mengatakan bahwa telinga saya telah berlubang dan di beri obat utk penyembuhan. Namun sampai sekarang telinga saya belum ada tanda2 untuk sembuh, jd Bagaimana cara mengatasi telinga yang berlubang, sehingga mengeluarkan cairan, mungkin masih ada lagi obat utk mengatasi hal ini. Tolong beri solusi untuk menangani hal ini. Terima kasih

Abdulah Rasid
04 Aug 2016

Sebulan yang lalu saya datang ke dokter THT, dokter telah melakukan pemeriksaan telinga, namun hasilnya bahwa dokter THT mengatakan bahwa telinga saya telah berlubang dan di beri obat utk penyembuhan. Namun sampai sekarang telinga saya belum ada tanda2 untuk sembuh, jd Bagaimana cara mengatasi telinga yang berlubang, tapi alhamdulillah telinganya gak berair, mungkin masih ada lagi obat utk mengatasi hal ini. Tolong beri solusi untuk menangani hal ini. Terima kasih

yeyen
04 Sep 2016

gimana cara ngobatin gendang telinga yg robek sedikit..Apakah bisa sembuh sendiri.

yeyen
04 Sep 2016

Gimana cara ngobatin gendang telinga yg robek sedikit..Apakah bisa sembuh sendiri ?

yeyen
04 Sep 2016

A

Wahyu
22 Nov 2016

Selamat siang.
Mohon dibantu untuk penanganan terbaik Microtia pada anak 2 bulan.
Terimakasih.

Erizal
05 Dec 2017

Gendang telinga saya berlobang bisa tak ya disembuhkan

Add a Comment